My Blog

by Brian Rizka Hernawan

Tingkat Kerusakan Gempa Desember 12, 2009

Filed under: Gempa — Brian Rizka Hernawan @ 7:19 pm

Tingkat kerusakan yang di akibatkan oleh gempa dengan perkiraan intensitas gempa pada skala richter :

  1. Skala Richter 1 tidak terasa.
  2. Skala Richter 2 terasa oleh orang dalam keadaan istirahat, terutama jika berada di tingkat atas atau tempat tinggi.
  3. Skala Richter 3 terasa di dalam rumah, tetapi banyak yang tidak menyangka kalau ada gempa bumi. Getaran terasa seperti ada truk kecil lewat.
  4. Skala Richter 4 terasa di dalam rumah seperti ada truk berat lewat atau terasa seperti ada barang berat menabrak dinding rumah. Barang-barang yang tergantung bergoyang-goyang dan barang-barang yang berdiri bergerak. Pintu-pintu berderak dan gelas-gelas gemerincing. Dinding-dinding rumah dan rangka rumah berbunyi.
  5. Skala Richter 5 dapat dirasakan di luar rumah. Orang tidur terbangun. cairan tampak bergoyang-goyang dan dapat tumpah sedikit. Barang perhiasan rumah yang kecil bergerak atau jatuh. Pintu-pintu terbuka-tertutup. Pigura-pigura dan dinding bergerak. Jarum jam ( jam bandul ) ukuran besar akan mati atau tidak cocok lagi.
  6. Skala Richter 6 terasa oleh semua orang. Banyak yang lari keluar karena terkejut dan takut. Pejalan kaki terganggu. Kaca jendela, barang pecah-belah akan pecah. Barang-barang kecil dan buku-buku jatuh dari tempatnya. Gambar-gambar jatuh dari dinding. Mebel-mebel bergerak dan berputar. Plesteran dinding yang lemah akan pecah atau retak.
  7. Skala Richter 7 dapat dirasakan oleh supir yang sedang mengendarai kendaraan. Orang-orang yang berjalan kaki susah untuk berjalan dengan baik. Cerobong asap atau menara yang lemah akan runtuh. Terjadi pergeseran dan lekukan pada tumpukan pasir dan kerikil. Air jadi keruh dan saluran air rusak.
  8. Skala Richter 8 pengemudi mobil terganggu. bangunan-bangunan yang kuat menderita kerusakan dan ada bagian-bagian yang runtuh. Terjadi kerusakan pada dinding yang dibuat tahan terhadap getaran-getaran horisontal. Beberapa bagian dari dinding runtuh. cerobong asap, menara, dan tangki air berputar atau jatuh. Cabang-cabang pohon patah dan tanah basah juga lereng-lereng yang curam terbelah.
  9. Skala Richter 9 terjadi kepanikan umum. Bangunan-bangunan yang tidak kuat hancur dan mengalami kerusakan berat. terjadi kerusakan pada pondasi dan rangka-rangka rumah. Pipa-pipa di dalam tanah putus dan lumpur serta pasir keluar dari tanah.
  10. Skala Richter 10 pada umumnya semua tembok dan rangka rumah rusak, bangunan kayu dan jembatan-jembatan yang kuat rusak, tanggul dan bendungan juga tambak jebol, terjadi tanah longsong yang besar. Air kolam, danau dan sungai meluap. jalan-jalan dan rel kereta api bengkok.
  11. Skala Richter 11 pipa-pipa di dalam tanah rusak total.Rel kereta api bengkok.
  12. Skala Richter 12 Seluruh bangunan mengalami kehancuran. Batu-batu, barang-barang besar berpindah. Barang-barang terlempar ke udara.
 

2 Responses to “Tingkat Kerusakan Gempa”

  1. richocean Says:

    sepertinya perlu disesuaikan dgn kondisi setempat seperti di Indonesia di mana tingkat kekuatan bangunan masih tidak standar, tidak kuat …

    seperti di Padang masih sekitar 7 namun kerusakannya lebih dari 7 ….

    jika bangunan dibuat sesuai dgn standar gempa, mungkin skala di atas lebih sesuai …. mungkin dapat ditambahkan juga skala MMI …

    terima kasih info yg bermanfaat …

    jika berkenan silahkan sharing ke blog saya ttg sedikit info gempa

    salam

    • terima kasih atas masukannya..
      ^^
      iya, di padang tingkat kerusakan salah satunya karna bangunan yang tidak memiliki asumsi perencanaan SCWB(Strong Column Weight Beam) melainkan SBW(Strong Beam Weight Column).. jadi terjadi keruntuhan total..

      selain itu juga karna disebabkan oleh patahnya Great Sumatera Faults akibat gaya subdaksi dan gaya geser yang terpengaruhi oleh gerakan tektonik lempeng australia.
      makanya gempa di sumatra tu sangat-sangat berbahaya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s